Home » Alumni » News » RESEPSI HUT KE-95 BAPAK EDDY YOSHAWIRJA
RESEPSI HUT KE-95 BAPAK EDDY YOSHAWIRJA 

RESEPSI HUT KE-95 BAPAK EDDY YOSHAWIRJA

Sungguh merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya ketika mendapat undangan untuk menghadiri resepsi HUT ke-95 Bapak Eddy Yoshawirja. Resepsi itu diselenggarakan pada 12 Juni 2016 bertempat di Pasar Baru Square Hotel, Bandung. Adalah suatu kejadian langka bahwa seseorang dapat mencapai usia setua itu dan masih dalam keadaan sehat. Hal ini pantas disyukuri oleh anak, menantu, cucu, cucu-mantu, dan cicit, serta juga oleh seluruh hadirin yang takjub melihat orang sepuh itu dengan ceria menyambut setiap tamunya.

Dilahirkan di Bandung pada 12 Juni 1921, beliau diberi nama Yo Tjin Hoa (Yang Zhen Hua). Tjin Hoa kecil bersekolah di Sekolah Dasar Tiong Hoa Hwe Koan di Bandung. Setelah lulus xiaoxue ia dikirim ke Tiongkok untuk melanjutkan pelajarannya di SMP. Setelah setahun belajar di Beijing serta dua tahun belajar di Nanjing maka ia pun lulus chuzhong di Nanjing. Setelah lulus, pada waktu liburan sekolah, ia pun berlibur ke Bandung.

Pada saat selesai liburan dan akan kembali ke Tiongkok, Tjin Hoa tidak bisa berangkat lagi karena Tiongkok sedang dilanda perang dengan Jepang. Hal itu akhirnya memaksanya bersekolah di sekolah Pahoa Jakarta. Tjin Hoa ingat selama bersekolah di Jakarta, ia tinggal di Tangki Lio dan bersepeda ke sekolah Pahoa di Jalan Patekoan. Tepat sebelum pasukan Jepang mendarat di Indonesia, ia lulus dari gaozhung di Pahoa Jakarta pada tahun 1941.

Ia pun mengganti namanya menjadi Eddy Yoshawirja dan dikaruniai 2 orang putri dan 2 orang putra. Sayang istrinya dan seorang putrinya serta menantunya telah meninggal. Sekarang yang ada tinggal sang anak pertama Yo Lay Sian yang bersuamikan Prof. Dr. Ir. Oey Hong Sioe dan kedua putra mereka yakni Robert Yoshawirja dan Benny Yoshawirja.

Penulis bersyukur dapat turut merayakan HUT ke-95 Bapak Eddy Yoshawirya yakni HUT salah seorang alumni sekolah Pahoa tertua yang masih ada.  (B.Kusuma)


Keterangan Foto:

Foto 1. Bapak Eddy Yoshawirja tampak ceriah menyambut para tamu sewaktu Resepsi Peringatan HUT ke-95 pada 12 Juni 2016.

Foto 2. Penulis dan istri sempat berfoto bersama Bapak Eddy Yoshawirja, Prof. Dr. Ir. Oe Hong Sioe & istri serta Ibu Metha.

Foto 3. Bapak Eddy Yoshawirja dan penulis ngobrol santai.   

© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi