Home » Senior Secondary School » News » Pilihan Kami, Masa Depan Kami
PILIHAN KAMI, MASA DEPAN KAMI 

Pilihan Kami, Masa Depan Kami

 


Setiap siswa memiliki hak untuk menentukan pilihan masa depannya terutama masa depan yang berkaitan dengan studi atau pemilihan jurusan di jenjang universitas. SMA Pahoa memberikan kepada siswa-siswi, khususnya siswa-siswi kelas XII, wadah yang memberikan gambaran yang jelas tentang jurusan, universitas, dan karier. Untuk itu SMA Pahoa bekerja sama dengan beberapa universitas untuk melaksanakan kegiatan Campus Visit dan Edufair, serta menghadirkan para alumni senior sekolah Pa Hoa dalam kegiatan Adik Bertanya Kakak Menjawab (ABKM).

Campus Visit merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah dengan tujuan untuk memperkenalkan dunia universitas kepada siswa-siswi. Dengan adanya pengenalan dunia universitas, diharapkan, selain dapat mengetahui kehidupan sosial, jurusan, fasilitas, dan hal-hal lainnya, mereka juga mendapatkan wawasan keilmuan sesuai dengan program peminatan siswa.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun di awal tahun pelajaran. Pada tahun pelajaran 2016/2017, siswa-siswi berkunjung ke-4 lokasi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara (Binus), dan Universitas Pelita Harapan (UPH).

Sedangkan program Adik Bertanya Kakak Menjawab (ABKM) ke-6 dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB. SMA Pahoa dibantu oleh beberapa alumni senior sekolah Pa Hoa memberikan wawasan keilmuan kepada adik-adik kelas yaitu siswa kelas XII. Kegiatan sharing ini biasa disebut dengan acara temu alumni.

Pada kegiatan sharing ini, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil sesuai dengan peminatan mereka. Dalam kelompok kecil itu, mereka dapat berdiskusi langsung tentang hal-hal yang berkaitan dengan peminatan dan hubungannya dengan dunia kerja. Sebagian besar dari narasumber adalah alumni sekolah Pa Hoa yang sudah berhasil dalam meniti karier serta sudah sangat matang dan mapan.

Sebelum kegiatan sharing, siswa berkumpul di ruang teater dan kegiatan diawali dengan penyampaian kiat-kiat kesuksesan oleh Bapak Hans Kartikahadi dan dilanjutkan oleh Bapak Suryono Limputra berupa pesan-pesan bagi alumni junior untuk menjalin tali kekeluargaan demi kelanjutan alumni sekolah Pahoa dan keberadaan Sekolah Terpadu Pahoa. 

Pendampingan dan bimbingan SMA Pahoa kepada calon alumninya (kelas XII) ini dilanjutkan dengan menghadirkan di Sekolah Pahoa, sebanyak 53 universitas negeri dan swasta, baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tanggal 15 Oktober 2016, SMA Pahoa mengadakan kegiatan Education Fair 2016 yang dilaksanakan di Lobby F SMA Pahoa. Kegiatan dengan tema "Pilihan Terbaik untuk Masa Depan Gemilang" itu tampil dengan gaya yang berbeda. Masuk dari lobi F, pengunjung disambut dengan dua gapura besar yang menandakan penyambutan untuk masuk dan ikut serta dalam Edufair 2016. Ketika masuk ke Gedung F, semua kegiatan sudah ditata agar setiap stan dilewati oleh pengunjung Edufair 2016.

Selain menyediakan stan, kegiatan edufair tentunya juga menyediakan waktu untuk presentasi oleh peserta. Siswa-siswa SMA Pahoa diwajibkan untuk mengikuti kelas presentasi itu agar mempunyai gambaran lebih awal mengenai kehidupan di universitas.  Antusias siswa dan orangtua untuk menggali wawasan tentang universitas demikian tinggi, sehingga kegiatan stan universitas pun sudah mulai dikunjungi sejak sebelum dibuka secara resmi.

Ramainya kegiatan ini dikarenakan beberapa hal, seperti kepesertaan dua universitas negeri ternama di Indonesia (Universitas Gadjah Mada, UGM kelas Internasional, dan Universitas Indonesia), serta bazaar tempat pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman serta stan lain dengan harga yang menarik. Semoga melalui kegiatan ini siswa-siswi merasakan manfaatnya dan semakin yakin dalam memilih jurusan dan universitas sesuai dengan karier yang akan dipilihnya nanti. 

© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi