Home » Kindergarten » News » Belajar Toleransi dan Menghormati dalam Perayaan Idul Fitri
BELAJAR TOLERANSI DAN MENGHORMATI DALAM PERAYAAN IDUL FITRI 

Toleransi dan saling menghormati antarpemeluk agama dapat diajarkan sedari dini kepada anak-anak kita. Untuk menanamkan hal baik ini, TK Pahoa menyelenggarakan perayaan Idul Fitri bersama pada Jumat, (21/7). Di dalam acara itu, anak-anak dikenalkan pada berbagai kebiasaan serta atribut khas yang dijumpai di masa Ramadan dan Idul Fitri.

Penjelasan lengkap pun diberikan para guru mengenai makna Hari Raya Idul Fitri. Selain soal makna, siswa dan siswi juga bergembira sambil belajar dengan mengenal beberapa hal khas Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, seperti tentang rumah ibadat, sarung, kerudung, dan buah kurma. “Siapa yang tahu kalau orang beragama Islam berdoa di mana?” tanya para guru. Banyak dari siswa yang dapat menjawab dengan baik, “ Di Masjid!”

Belajar menyapa. Salah satu hal yang menjadi ciri khas pemeluk agama Islam adalah sapaan mereka ketika bertemu dengan sesama. Inilah juga yang dipelajari para siswa dan siswi pada hari itu. “Assalamualaikum!” ujar para guru di kelas Achievers kepada para siswa dan siswi di kelas. Tidak lupa, mereka juga diajari untuk membalas salam dengan ucapan “Waalaikumsalam!” Agar para siswa dan siswi dapat memahami dengan lebih baik, di masing-masing kelas pun diadakan drama singkat tentang dua sahabat yang sedang bertamu. Si tamu mengetuk pintu dengan sopan sambil berujar “Assalamualaikum!”, dan tuan rumah yang ada di dalam kelas pun segera membalas “Waalaikumsalam!”

Di siang hari, rangkaian acara berlanjut dengan saling kunjung antarkelas. Siswa dan siswi tamu memberikan salam selamat Idul Fitri kepada seluruh isi kelas yang dikunjungi. Kegembiraan di dalam ruang kelas juga terasa dengan aktivitas art and craft berupa membuat kartu ucapan Idul Fitri. (Eilina)
© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi