Home » Kindergarten » News » Belajar Perambatan Suara
BELAJAR PERAMBATAN SUARA 

Permainan telepon kaleng tenyata dapat digunakan oleh anak-anak sebagai sarana mengenal prinsip perambatan suara. Itulah yang dipelajari oleh siswa dan siswi Achievers dalam pelajaran sains minggu ke-2 September lalu. Tidak ketinggalan, para siswa Learners juga memahami konsep perambatan suara melalui praktik “Musik Air” yang menyenangkan.

Siswa dan siswi dipilih dan dipasangkan berdua-dua . Masing-masing siswa mencoba untuk berbicara dan mendengarkan melalui telepon kaleng. Pada saat siswa dan siswi praktik bertelepon, para guru menjelaskan bahwa gelombang suara yang dihasilkan dari suara siswa yang berbicara ke dalam kaleng akan merambat melalui tali dan sampai kepada sisi kaleng yang dipegang oleh siswa lainnya.

Musik dari air. Masih seputar perambatan suara, siswa dan siswi Learners mendapatkan giliran untuk mempelajari konsep suara melalui praktik “musik dari air”. Percobaan dilakukan dengan memukulkan stik logam ke botol kaca yang telah diisi air dengan ketinggian yang berbeda.

Para guru menjelaskan bahwa perbedaan bunyi terjadi karena perbedaan ketinggian air di masing-masing botol. Botol yang terisi penuh mengeluarkan suara seperti nada rendah. Ini terjadi karena gelombang suara merambat lebih lambat di dalam air. Sedangkan botol kaca yang terisi sedikit air berbunyi seperti nada tinggi karena gelombang suara yang tidak terhalang oleh air dan dapat merambat lebih cepat.

Satu per satu siswa mencoba memainkan nada “do re mi fa sol la si do”. Laoshi pun membimbing siswa untuk memainkan lagu lain. Mereka terlihat gembira dan bersemangat mengikuti pelajaran sains kali ini.  (Eilina)
© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi