Home » Senior Secondary School » News » PAHOA JUARA 1 XIANG QI SE-JAWA BARAT
PAHOA JUARA 1 XIANG QI SE-JAWA BARAT 
Permainan xiang qi atau yang dikenal dengan istilah catur gajah yang berasal dari Tiongkok masih terbilang baru bagi siswa Sekolah Terpadu Pahoa. Meski begitu, salah satu orang siswa dari SMA Pahoa dapat meraih juara pertama dalam Turnamen Xiang Qi ke-1 tingkat Provinsi Jawa Barat.


Turnamen Xiang Qi diadakan oleh Pexi (Persatuan Xiangqi Indonesia) Provinsi Jawa Barat pada hari Minggu, 8 April 2018 di Gedung Karuhun, Bandung, Jawa Barat. Terdapat 3 kategori dalam pertandingan, yaitu kategori Senior, kategori Junior Putra dan Putri, serta kategori SD Putra dan Putri. Diikuti oleh beberapa sekolah se-Jawa Barat, pertandingan ini dilaksanakan kurang lebih selama 5 jam dan menggunakan sistem swiss 5 babak.

Sekolah Terpadu Pahoa mengirim satu orang perwakilan siswa untuk kategori Junior Putra bernama Sebastian Arnold, siswa kelas XI SMA. Pada babak ke-4 Sebastian telah mendapat 4 poin, unggul 1 poin dibandingkan dengan peserta lain. Perolehan 1 poin lagi di babak terakhir mengukuhkan kemenangan Sebastian sebagai juara satu turnamen tersebut.



Permainan xiang qi baru diperkenalkan kepada siswa Sekolah Terpadu Pahoa mulai tahun pelajaran 2017-2018. Nilai-nilai filosofi yang berada di balik strategi permainan xiang qi selaras dengan nilai ajaran Confucius yang universal yang diajarkan di Sekolah Pahoa, misal bertindak bijaksana, bersikap adil, dan saling menghormati. Hal ini membuat xiang qi menjadi permainan yang mudah diterima dan digemari di kalangan siswa.

Sebastian Arnold termasuk siswa yang menggemari xiang qi. Bersama 2 orang teman lainnya, Dionisius Sentausa dan Jason Chen, Sebastian pernah diikutsertakan ke dalam Kejuaraan Tingkat Nasional Kategori Junior Putra di Semarang pada tanggal 14-19 November 2017. Hasilnya, mereka berturut-turut meraih peringkat 5, 8, dan 14.


Berbekal pengalaman tersebut, ketiga siswa hendak dikirim kembali untuk mengikuti Turnamen Xiang Qi kali ini. Namun sayang Dionisius dan Jason harus mendahulukan Ujian Nasional yang dilaksanakan selang satu hari setelah waktu pertandingan.

Kemenangan yang diperoleh siswa Sekolah Terpadu Pahoa tidak terlepas dari bimbingan Bapak Wahyono, guru SMA Pahoa.
Selamat atas kemenangan Xiang Qi Sekolah Terpadu Pahoa.

© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi