Home » Alumni » News » PERUBAHAN NAMA PPH MENJADI PAP
PERUBAHAN NAMA PPH MENJADI PAP 


Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Umum Anggota Perkumpulan Pancaran Hidup (PPH) pada tanggal 12 Maret 2017 di restoran Raja Kuring, Jakarta Barat maka nama perkumpulan secara resmi berubah dari PPH menjadi Perkumpulan Alumni Pahoa (PAP).

Berdasarkan sejarahnya, memang PPH didirikan sebagai wadah komunikasi dan wadah persatuan alumni sekolah Pahoa, JPP, dan SMAN 19 Jakarta. Mengingat
pada saat itu penggunaan nama yang berasosiasikan dengan Tionghoa dianggap tidak kondusif, maka nama perkumpulan yang dipakai adalah Pancaran Hidup, yang diasosiasikan dari huruf P dan H.

Saat itu memang belum terbesit di dalam pikiran bahwa almamater akan dibangun atau dihidupkan kembali, sehingga perkumpulan juga merangkul alumni sekolah JPP dan SMAN 19 Jakarta yang dianggap sebagai penerusan dari sekolah Pahoa yang ada terdahulu, yang pada kenyataannya, memang banyak siswa di situ yang pernah bersekolah di sekolah Pahoa.

Sejalan dengan berlangsungnya reformasi politik di negara kita yang juga ditandai dengan adanya pencabutan larangan hal-hal yang berbau Tionghoa
maka usaha menghidupkan kembali alma- mater menjadi suatu kenyataan.
Dengan berdirinya kembali sekolah Pahoa dalam bentuk Sekolah Terpadu Pahoa sehingga dapat menghasilkan alumni baru, maka timbul usulan untuk mengubah nama perkumpulan menjadi Perkumpulan Alumni Pahoa. Nama ini kemudian diterima secara aklamasi pada Rapat Umum Anggota perkumpulan, sebagaimana telah disebutkan di atas.

Selain nama perkumpulan, juga terdapat beberapa perubahan pada AD yakni sebagai berikut:
  1. Lambang perkumpulan yang semula tidak ada, diadakan berupa: lambang Sekolah Terpadu Pahoa dengan ditambahkan tulisan Perkumpulan Alumni Pahoa.
  2. Pada pasal Maksud dan Tujuan ditambahkan ayat: Kerukunan anggota perkumpulan.
  3. Dalam pasal keanggotaan, ayat : setiap WNI yang telah dewasa dapat menjadi anggota perkumpulan, dihapus dan ditambahkan ayat: setiap alumni dan warga sekolah Pahoa, sekolah JPP, SMAN 19 Jakarta sampai dengan alumni angkatan 1979, Sekolah Terpadu Pahoa, dapat menjadi anggota perkumpulan.
Demikian sekilas latar belakang mengenai perubahan nama perkumpulan kita.

© PAHOA 2010 All Right Reserved . powered by Menaravisi